Menakjubkan, Inilah Keindahan Ajaran Islam Dalam Mengatur Persahabatan


Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita tidak terlepas dari aktifitas interaksi dengan orang lain khususnya sahabat. Dalam pergaulan, sahabat seringkali menjadi seseorang yang selalu ada dan mengingatkan kita ketika salah. Namun tidak jarang sahabat justru menjerumuskan kita kepada hal yang buruk. Lantas bagaimana sejatinya persahabatan dalam islam diatur?
Memang adakalanya arti persahabatan dalam islam adalah orang lain namun kedekatannya seringkali mengalahkan kedekatan kita dengan keluarga. Sebagai muslim yang bijak tentunya menginginkan memiliki sahabat yang bisa menjadi sarana kita untuk semakin dekat dengan Alloh dan berusaha selalu memperbaiki diri. Persahabatan dalam islam sudah diatur dengan begitu indah dalam ajaran tentunya sesuai tuntunan Rosulullah dalam Al-Qur-an dan Hadits.

Indahnya persahabatan dalam islam
                Memilih sosok teman yang dalam arti persahabatan dalam islam memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Islam memerintahkan umatnya untuk memilih siapa orang yang bisa menjadi teman kita. Menjalin persahabatan dalam islam sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis bahwa: “Seseorang itu akan mengikuti agama temannya, karenanya hendaklah salah seorang diantara kalian mencermati kepada siapa ia berteman”. (HR. Tirmidzi: 2300)
Tentunya dalam menjalin persahabatan dalam islam bukan dilihat dari wajahnya yang rupawan, kekayaannya, maupun kepandaiannya. Namun dalam menjalin persahabatan dalam islam harus memilih sahabat yang bagus akhlaknya dan membuat kita senantiasa mengingat Alloh.
Sebagaimana yang dijelaskan dalam Min Hadyis Salaf halaman 54-55: Ditanyakan kepada Sufyan,”Kepada siapa kami bermajlis?”Beliau menjawab, Seseorang yang jika engkau melihatnya engkau selalu ingat Alloh Subhanahu wa Ta’ala, amalannya mendorong kalian kepada akhirat dan ucapannya menambah ilmu kalian.”
Arti persahabatan dalam islam yang baik adalah teman yang dengan akhlaknya akan membawa kita pada kebiasaan dan perilaku yang baik, sedang sahabat yang berakhlak buruk akan menjerumuskan kita menjadi ahli maksiat, rakus dunia bahkan lupa dengan tujuan akhirat kita. Hal ini seperti yang tercantum dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut.
 “Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapat bau wangi harum darinya. Sedang pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapat bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628).

Hukum memutus persahabatan dalam islam
                Perbedaan pendapat dan pertengkaran seringkali mewarnai persahabatan, tentunya hal ini karena kebiasaan, latar belakang keluarga, dan pendidikan yang juga berbeda. Namun inilah arti persahabatan dalam islam, meski berbeda seharusnya membuat segalanya jadi indah dan saling melengkapi. Perbedaan ini seharusnya tidak membuat tali silaturahim antar sahabat terputus.
                Sebagaimana memutuskan tali silaturahim dengan keluarga maupun sesama manusia, memutus persahabatan dalam islam juga haram hukumnya. Bahkan Alloh melaknat orang-orang yang memutuskan indahnya persahabatan dalam islam, naudubillahi min dzalik.
Sebagaimana firman Alloh dalam Al-Qur’an, Surat Muhammad ayat 22-23 yang berbunyi: “Maka apa kiranya jika kamu berkuasa akan membuat kerusakan di bumi dan memutuskan silaturahim? Mereka itulah orang-orang yang dilaknat oleh Alloh dan ditulikan telinga mereka dan dibutakan mata mereka.
                Celakanya jika kita memutuskan indahnya persahabatan dalam islam ini kita tidak akan dapat memasuki syurga Alloh. Diriwayatkan dari Jaabir bin Muth’imin RA, beliau berkata: Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda: Tidak akan masuk surga orang yang memutus (maksudnya adalah memutus tali slaturahim). “(HR. Bukhari dan Muslim)


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Menakjubkan, Inilah Keindahan Ajaran Islam Dalam Mengatur Persahabatan"

  1. Sangat bermanfaat, kunjungi blog saya juga ya
    www.masakbar.info

    ReplyDelete