Para Muslimah Wajib Tahu, Ridho Suami adalah Penentu Surga Bagi Para Istri

Para Muslimah Wajib Tahu, Ridho Suami adalah Penentu Surga Bagi Para Istri

                Dalam sebuah biduk rumah tangga dua orang sejoli yakni suami dan istri memang memiliki peran masing-masing yang saling melengkapi. Suami sebagai kepala rumah tangga bertugas memimpin dan menjaga istri dan anak baik dalam hal dunia maupun agama. Sementara istri bertugas mengurus segala urusan rumah tangga, rumah dan anak. Lantas mengapa dengan tugas yang sama tetap saja surga istri tergantung ridho suami?
Penjelasannya seperti ini, dalam menjalankan tugasnya suami dan istri tentunya terdapat hak dan kewajiban agar rumah tangga berjalan dengan lancar. Namun sebagai pemimpin rumah tangga, suami memiliki tanggungjawab yang lebih besar dan berat terhadap keluarga terutama kepada istri serta anak seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Untuk itu Alloh melebihkan laki-laki sebagai pemimpin para wanita, sehingga Alloh memerintahkan seorang istri harus taat kepada suaminya dalam kebaikan untuk mengharapkan ridhonya. Inilah salah satu alasan pentingnya ridho suami untuk para istri yang ingin mendambakan surga di akhirat kelak.
Pernyataan ini sebagaimana Firman Alloh: “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita. Oleh karena Alloh telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki)atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka dari tempat tidur mereka dan pukuullan mereka, Kemudian jika mereka menaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Alloh Maha Tinggi lagi Maha Besar.”(QS. An-Nisa: 34).

Ketaatan kepada suami adalah surga seorang istri
                Tanggungjawab seorang suami yang begitu berat sudah seharusnya diimbangi dengan ketaatan istri tercintanya. Dengan menaati suami maka tanggungjawabnya yang luar biasa tersebut bisa lebih ringan dan ridho suami bisa didapatkan. Karena surga istri tergantung ridho suami, maka sudah sepantasnya para istri menaati dan mendahulukan suaminya dibanding urusan lain setelah agama.
Surga seorang istri memang harus mencari ridho suami dengan menaatinya. Namun para istri harus mengetahui kedudukan dari hak suami diantara urusan lain sehingga bisa mengaplikasikan ketaatannya demi meraih surga seorang istri:

1.      Hak suami diantara manusia yang lain
Untuk perempuan yang merindukan surga seorang istri, maka perlu diketahui bahwa hak seorang suami terletak diatas hak siapapun sesudah hak Alloh serta Rasulnya. Bahkan hak kedua orangtuanya sekalipun. Namun dalam hal ini adalah ketaatan dalam perkara yang baik.
 2.      Hak suami dalam hal agama
Ketaatan seorang istri terhadap suami satu tingkat kedudukannya sesudah ketaatannya dibidang agama. Kedudukan seorang suami ini sebagaimana hadist dari Abu Hurairah Ra., Rosululloh shollallhu alaihi wa sallam bersabda: “Kalau aku boleh memerintahkan seorang istri untuk sujud kepada orang lain, maka aku akan memerintahkan para istri untuk sujud kepada suaminya, disebabkan karena Alloh telah menetapkan hak bagi para suami atas mereka (para istri). (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, ia berkata, “hadits hasan shahih. “Dinyatakan shahih oleh Syaikh Albani). 3.      Hak suami ketika mengajak berhubungan suami-istri
Ketika suami mengajak istri untuk berhubungan, maka sebagai istri haram untuk menolaknya. Sebab jika seorang istri menolaknya maka surga seorang istri tidak akan bisa di raih bahkan laknat malaikat yang di dapat.Untuk itu jika surga seorang istri ingin diraih,  anda bisa baca hadits berikut: “Jika seorang suami memanggil istrinya ke tempat tidur, kemudian si istri tidak mendatanginya, dan suami tidur dalam keadaan marah, maka para malaikat akan melaknatnya sampai pagi.” (HR. Bukhari Muslim) 
4.      Hak suami dalam ibadah sunnah
Untuk meraih surga seorang istri, hak suami juga harus diutamakan oleh seorang istri dibanding ibadah sunnah lainnya. Sehingga ketika seorang istri ingin melaksanakan ibadah sunnah seperti puasa harus mendapat persetujuan dari suami.Hal ini sebagaimana tercantum dalam hadits, Rosululloh shollallohu alaihi wa sallam bersabda: “Tidak boleh bagi seorang perempuan berpuasa sementara suaminya ada di dalam rumah kecuali dengan seizinnya. Dan tidak boleh baginya meminta izin di rumahnya kecuali dengan izinnya.”(HR. Bukhari Muslim).


Neraka dan surga istri tergantung ridho suami
                Neraka atau surga istri tergantung ridho suami, apakah ia bersikap durhaka atau taat kepada suaminya. Jika seorang istri durhaka kepada suaminya maka tempatnya adalah neraka, sehingga karena banyaknya perempuan yang mendurhakai suaminya, membuat sebagian besar penghuni neraka adalah perempuan.
Pentingnya ridho suami jika tidak didapat istrinya karena tidak bersedia taat maka tempat istrinya kelak  adalah neraka. Sebab istri yang tidak taat dan tidak diridhoi suaminya dikatakan sebagai perempuan yang kufur nikmat dan durhaka.
Tidak diraihnya surga seorang istri karena suami yang tidak ridho ini sebagaimana Sabda Rosululloh SAW: “…dan aku melihat neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penduduknya adalah kaum wanita. Para sahabatpun bertanya: “Wahai Rasululloh, Mengapa (demikian)?” Beliau menjawab: “Karena kekufuran mereka. “Kemudian mereka bertanya lagi: “Apakah mereka kufur kepada Alloh?” Beliau menjawab: “Mereka kufur (durhaka) terhadap suami-suami mereka, kufur (ingkar) terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang diantara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) niscaya dia akan berkata: “Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.” (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas Radiallahu anhuma).
Pentingnya ridho suami kepada istrinya memang sebuah harga mati yang tidak bisa ditawar. Sebab jaminan surga seorang istri memang terletak pada ketaatan seorang istri untuk mendapat ridho suaminya. Pentingnya ridho suami ini sebagaimana dalam hadits, Rosululloh SAW bersabda: “Wanita mana saja yang meninggal dunia, kemudia suaminya merasa ridho terhadapnya, maka ia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Imam Tirmidzi).
Pentingnya ridho suami dalam menentukan surga seorang istri juga tercantum dalam hadits dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Rasulullah shollallohu alaihi wa sallam bersabda: :Jika seorang wanita melaksanakan shalat lima waktunya, melaksanakan shaum pada bulanya, menjaga kemaluannya, dan menaati suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.” (HR. Ibnu Hibban dalam Shahihnya).

Bagi wanita yang sudah menikah memang sudah seharusnya menaati suaminya dalam hal kebaikan. Sehingga ia akan senantiasa mendapat ridho dari suaminya, dimana pentingnya ridho suami inilah yang akan mengantarkannya menuju surga seorang istri yang hakiki.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Para Muslimah Wajib Tahu, Ridho Suami adalah Penentu Surga Bagi Para Istri"

Post a Comment